SMED

Tidak disangsikan lagi bahwa anda pernah menonton adu kecepatan Formula 1, adu kecepatan ini diikuti oleh tim-tim papan atas misalnya Ferrari, McLaren, RBR Renault dll. Serunya adu kecepatan ini selain ditentukan oleh "joki" dari mobil-mobil balap tersebut dalam memacu di jalur lintasan juga ditentukan oleh tim tersebut dalam menerapkan pengembangan teknologi dan strategi, sehingga mengantarkan sang "joki" ke podium.

Apa hubungan antara Formula 1 dengan SMED ?

Pada saat mobil balap tersebut perlu untuk mengganti spare part/ban dll atau mengisi bahan bakar maka mobil tsb akan masuk ke pit stop, di tempat inilah anggota tim sibuk untuk mempersiapkan agar waktu yang diperlukan seminimal mungkin.

Bagaimana caranya ?

Coba perhatikan aktifitas sebelum mobil masuk pit stop dan setelah mobil berada di pit stop. Kalau kita perhatikan ditayangan televisi sebelum mobil masuk ke pit stop maka seluruh anggota tim sudah mempersiapkan segala sesuatunya untuk diproses. Dan pada saat mobil berada di pit stop seluruh anggota tim melaksanakan tugasnya masing-masing sesuai dengan standard yang telah ditentukan. Jadi kata kuncinya adalah memisahkan aktifitas internal dan aktifitas eksternal.



Istilah SMED - Single Minute Exchange of Dies, adalah suatu alat untuk mengoptimalkan waktu changeover secara sistematik dan terstruktur. Alat ini digunakan pada saat persiapan, pergantian produk / komponen / elemen, testing, dan trial. Metode ini penting untuk kita pelajari karena dari alokasi total waktu kerja, waktu untuk changeover menduduki porsi yang cukup tinggi sehingga akan memboroskan biaya operasional. Dengan meminimalisir waktu changeover maka kita telah berhasil untuk meningkatkan profit perusahaan karena kapasitas produksi akan meningkat.

Langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan untuk menerapkan SMED ?
1. Mapping kondisi saat ini  meliputi urutan aktifitas dan waktu yang dibutuhkan
2. Identifikasi / pisahkan antara aktifitas internal dan eksternal
3. Tentukan penanggung jawab dari masing-masing aktifitas
4. Analisa urutannya / waktu apakah bisa diminimalisir / paralel / digabung / dihilangkan.
5. Gunakan alat bantu yang dapat mempercepat proses changeover

Yang perlu diperhatikan : Lakukan SMED sebelum mengeluarkan investasi yang besar.

Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Berita Terkait